INGIRIDIENTS, 5


Keju



Sejarah
Keju pertama kali dikenal di daerah Timur Tengah. Meskipun belum jelas di mana pertama kalinya keju di temukan, namun menurut sejarah keju ditemukan secara tidak sengaja oleh bangsa Arab. Menurut sejarah bangsa Arab, pada zaman dahulu ada seorang pengembara yang berkuda sambil membawa susu. Namun setelah beberapa jam ternyata susu sudah terpisah menjadi gumpalan – gumpalan putih dan cairan warna pucat. Diperkirakan pembuatan keju adalah antara 8000 SM sampai 300 SM. Namun menurut bangsa Yunani dan Romawi kuno, penemu keju pertama kali adalah Aristaeus dan Cyclops mengatakan bahwa zaman dahulu orang Yunani kuno sering menyimpan susu domba dan kambing.

Bangsa Romawi dikenal sebagai bangsa yang pertama kali mengembangkan berbagai keju jenis keju yang kita kenal sekarang dengan proses penyimpanan yang berbeda. Kemudian bangsa Romawi menyebarkan cara pembuatan keju kepada bangsa Eropa. Setelah jatuhnya kekaisaran Romawi, teknik pembuatan keju semakin banyak dan bervariasi. Negara Perancis dan Italy masing – masing saat ini memiliki 400 jenis keju, namun kemajuan seni pembuatan keju menurun setelah kemunduran kekaisaran Romawi.

Pabrik yang pertama kali memproduksi keju berada di negara Swiss pada tahun 1815, namun negara Amerika Serikat juga menjadi negara pertama kali yang memproduksi keju dalam skala besar. Pada mulai perang dunia II keju yang dibuat pabrik semakin sukses sehingga mengalahkan keju yang dibuat secara tradisional

Nutrisi/Gizi Pada Keju :

Nama Bahan Makanan : Keju
Nama Lain / Alternatif : –
Banyaknya Keju yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Keju yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Keju = 326 kkal
Jumlah Kandungan Protein Keju = 22,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Keju = 20,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Keju = 13,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Keju = 777 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Keju = 338 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Keju = 2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Keju = 750 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Keju = 0,01 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Keju = 1 mg
Khasiat / Manfaat Keju : – (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K

Manfaat
Mencegah kerusakan gigi
Membantu menurunkan berat badan
Meningkatkan kecerdasan
Mencegah kanker hati
Mencegah kerusakan gigi

Sumber:
https://lifestyle.okezone.com/read/2018/06/18/481/1911414/6-manfaat-keju-bagi-kesehatan-dari-cegah-kanker-hingga-tingkatkan-kecerdasan
http://ramaingintahu.blogspot.com/2016/10/penemu-keju-dan-sejarahnya.html

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-keju-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html#.XAkry7w_zDc




Tomat



Sejarah

Tomat merupakan tanaman asli Benua Amerika yang tersebar dari Amerika Tengah hingga Amerika Selatan. Tanaman tomat pertama kali dibudidayakan oleh suku Inca dan suku Aztec pada tahun 700 SM. Sementara itu, bangsa Eropa mulai mengenal tomat sejak Christopherus Columbus pulang berlayar dari Amerika dan tiba di Pantai San Salvador pada tanggal 12 Oktober 1492. Ketika itu, Columbus diperintahkan oleh Ratu Isabella dari Kerajaan Castilia, Spanyol utnuk mencari emas dan rempah-rempah, tetapi ia pulang justru membawa biji-bijian, sepertijagung, cabe, dan tomat. Meskipun ratu Isabella kecewa dengan hasil yang di bawa Columbus, tetapi akhirnya biji-bijian tersebut ditanam juga oleh para petani di Spanyol dan menyebar sampai ke beberapa Negara Eropa lainnya.

Tatkala penyebaran tomat telah mencapai Benua Eropa bagian Utara, orang-orang di daerah itu menamai tomat dengan berbagai julukan. Orang Perancis menyebut tomat dengan apel cina . Sementara itu, orang Jerman menyebutnya dengan apel surga . Lain halnya di Inggris, orang-orang di Negara kerajaan itu justru tidak percaya kalau tomat bias dimakan. Mereka menganggap tomat adalah buah beracun. Kekhawatiran yang sama juga terjadi di antara penduduk Amerika, bahkan terus berlangsung hingga abad ke-19. namun pada tahun 1821, orang-orang Louisianan di New Orleans mulai memakai tomat dalam berbagai menu masakan mereka. Tak lama kemudian berita ini cepat menyebar sehingga banyak ditiru masyarakat luas yang menggunakan tomat sebagai campuran masakan seafood.

Nutrisi
kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat.
Berikut ini adalah kandungan Vitamin dan Mineral dalam setiap 100gram tomat.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 18 kal –
Karbohidrat 3,9g –
Air 95% –
Protein 0,9g –
Gula 2,6g –
Serat 1,2g –
Lemak 0,2g –
Vitamin A 42µg 5%
Vitamin C 13,7mg 15%
Vitamin D 0µg –
Vitamin E 0,54mg 4%
Vitamin K 7,9µg 7%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 1%
Vitamin B3 (Niacin) 0,59mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,09mg 2%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,08mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 15µg 4%
Vitamin B12 0µg –
Cholin 6.7mg 1%
Kalsium 10mg 1%
Zat Besi 0,27mg 3%
Magnesium 11mg 3%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 237mg 5%
Sodium 5mg 0%
Seng (Zinc) 0,17mg 2%
Tembaga (Copper) 0,06mg 7%
Manganese 0,11mg 5%
Selenium 0µg 0%

Manfaat

Tomat kaya akan vitamin
Tomat menjaga kesehatan jantung
Tomat menjaga kesehatan mata
Tomat memperbaiki kualitas pencernaan
Tomat menjaga kesehatan pasien diabetes
Tomat menjaga kesehatan kulit
Tomat melindungi dari serangan kanker

Sumber:
https://rhephi.wordpress.com/2007/10/01/sejarah-dan-perkembangan-tomat/
https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-tomat-manfaat-tomat-bagi-kesehatan/
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/18/08/07/pd2lah328-tujuh-manfaat-menakjubkan-tomat-bagi-kesehatan



Kecap
Hasil gambar untuk kecap 
Sejarah

Sejarah panjang kecap bisa ditarik ke abad 2 SM! Betapa panjang sejarah ‘barang sepele’ ini menemani kehidupan manusia. Diawali di Tiongkok dengan tujuan utama bukan menjadi penyedap makanan, tapi menjadi pengganti garam karena garam ketika itu sangat berharga. Mungkin setara dengan emas untuk saat ini. Garam menjadi alat tukar dan pembayaran dalam perdagangan di masa itu. Dalam perkembangannya, menyebar ke seantero Asia mengingat lalulintas perdagangan dari dan ke Tiongkok yang sangat luas. Salah satu paling terkenal adalah Jalur Sutera yang membentang sampai daratan Eropa. Tidak ada catatan khusus bagaimana kecap menyebar dan memulai sejarah panjangnya di Jepang, Korea, Vietnam, Thailand, Indonesia dan negeri-negeri lainnya. Yang paling akrab di lidah masyarakat luas dunia saat ini adalah kecap Jepang, kecap Cina dan kecap Indonesia. Dengan berbagai variannya, tidak dapat dipungkiri kecap Jepang menduduki peringkat pertama untuk kepopuleran dan ketersediaan di meja makan masyarakat dunia. Kecap Jepang yang lebih dikenal dengan nama shoyu adalah kecap yang paling mudah dijumpai di rak-rak Asian groceries di seluruh dunia. Kecap adalah produk fermentasi kedelai. Bahan-bahan utama dalam fermentasi kecap bervariasi tergantung pembuatnya. Yang paling umum adalah kedelai, biji-bijian yang disangrai (wheat, barley), larutan garam (brine) dan ragi Aspergillus oryzae atau Aspergillus soja

Nutrisi/Gizi Pada Kecap :
Nama Bahan Makanan : Kecap
Nama Lain / Alternatif : –
Banyaknya Kecap yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Kecap yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Kecap = 46 kkal
Jumlah Kandungan Protein Kecap = 5,7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Kecap = 1,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Kecap = 9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Kecap = 123 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Kecap = 96 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Kecap = 6 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Kecap = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Kecap = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Kecap = 0 mg
Khasiat / Manfaat Kecap : – (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : K

Manfaat
1. Kecap Dapat Membantu Memperbaiki Fungsi Berbagai Organ Tubuh Terbuat dari kedelai hitam, penyedap masakan yang satu ini merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit degeneratif. Bukan itu saja, penyedap masakan ini juga dapat menurunkan resiko jantung koroner serta menurunkan kadar kolesterol.


2. Kecap Menambah Daya Tahan Tubuh dan Melancarkan Pencernaan Disamping membantu meringankan kerja ginjal, kecap juga membantu melancarkan pencernaan karena penyedap masakan yang satu ini dapat membantu mengeluarkan zat racun dalam tubuh dan mencegah diare.

Sumber:
https://travel.kompas.com/read/2016/04/07/214118627/Kecap.Manis.Gubahan.Indonesia.Terhadap.Resep.Tiongkok

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-kecap-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html?m=1#.XAk1LY98qyU
https://www.kaskus.co.id/thread/53129946118b46ce3a8b45d6/manfaat-kecap-bagi-tubuh/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT