LOCAL FOOD

  • SOP SAUDARA


Hallo orang makassar,siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang berasal dari kota pangkep ini! Yappsss...tepat sekali sop saudara Sebelum bicara lebih jauh tentang sop saudara baiknya kita kenal dulu bgaimana sih asal usul dan sejarah SOP SAUDARA itu. Asal usul dan sejarah SOP SAUDARA tidak bisa dilepaskan dari kisah perjalanan hidup Bapak H. ABDULLAH aliasH. DOLLAHI, sang penemu dan peracik pertama sop saudara pangkep.
Berawal dari tahun 1957, H. Dollahi, putera kelahiran Sanrangan, Kec.Pangkajene, Pangkep 1931 ini melirik pekerjaan sebagai pelayan warung. Kala itu, seorang warga Pangkep bernama H.subair (alm) membuka warung Sop Daging di Pasar Bambu Makassar (disekitar Jln Irian/Jln Wahidin Sudirohusodo) yang pada waktu itu cukup laris.
Pengalaman sebagai pelayan warung selama 3 (tiga) tahun, h.dollahi banyak belajar tentang sop. Tahun 1960 ketika Pasar Senggol (sekitar Karebosi) Makassar dibuka, ia memutuskan untuk mendirikan usaha warung sendiri dengan dibantu 14 karyawan yang berasal kalangan intern keluarga sendiri.
H.dollahi berkreasi membuat sop yang lebih istimewa dibanding dengan racikan seniornya, h.subair dengan menambahkan bumbu yang selama ini dinilainya masih kurang. Selain membenahi rasa, ia juga memberi terobosan memberi nama sop buatannya dengan nama sop saudara.
Mengapa memilih nama sop saudara? Alasannya adalah selain terinspirasi dari nama warung coto paraikatte yang juga terkenal saat itu, juga dimaksudkan agar orang-orang yang datang dan makan sop diwarungnya merasa bersaudara dengan pemilik, pelayan, dan sesama pelanggan warung. Misi sop saudara menghadirkan nilai & suasana persaudaraannya. Sampai ada yang mengatakan : sop saudara itu singkatan dari “Saya Orang Pangkep, Saudara!!”.


 source:indotimenews.com 

Adapun bahan yang dibutuhkan dalam membuat sop saudara adalah:
Daging sapi
Minyak gore
Air bersih
Daun jeruk
Jahe ( dimemarkan )
Batang serai ( dimemarkan )
Lengkuas ( dimemarkan )
Kayu manis
Garam dapur
Pala bubuk 


Bumbu halus :
Kemiri sangrai
Kunyit
Jinten
Bawang putih
Bawang merah
Ketumbar sangrai
Perpaduan bumbu dan daging mampu memberi cita rasa yang khas dari sop saudara itu sendiri. Perpaduan bumbu dari sop saudara tidak jauh berbeda dengan coto makassar yang membedakan hanya sop saudara mendapat tambahan kocokan telur. source:lihatresep.com

  •   BARONGKO





Bagi pecinta kuliner yang pernah berkunjung ke Makassar pasti pernah merasakan atau paling tidak mendengar nama BARONGKO. Ada juga banyak kue-kue tradisional yang berasal dari daerah ini. Namun ada satu yang terkenal sejak dulu merupakan hidangan untuk para raja-raja di Sulawesi Selatan.
Kue yang biasanya dihidangkan di acara-acara adat tersebut sampai kini masih eksis dan menjadi favorit semua kalanganKue barongko adalah salah satu kue tradisional khas dari Sulawesi Selatan yang berbahan dasar pisang. Orang Sulsel memang terkenal jago mengolah buah pisang.


 source:hellomakassar.com

Kue tradisional ini dapat dibuat dengan bahan sebagai berikut:

Pisang kepok
Gula pasir
Telur
Santan kental
Susu kental manis
Vanili secukupnya
Garam secukupnya.


 source:selerarasa.com

Cara pembuatan barongko tergolong mudah namun membutuhkan kesabaran. Biasanya sebelum membuat adonan, terlebih dulu dibuatkan cetakan atau pembungkus yang terbuat dari daun pisang. Banyak orang yang meyakini, aroma khas barongko berasal dari daun pisang yang membungkusnya. Namun jika tidak ingin repot, bisa menggunakan cetakan kue. Setelah cetakan siap, bahan-bahan pembuat barongko seperti pisang yang sudah dihaluskan, telur, santan dan gula pasir, dicampur menjadi satu membentuk adonan yang lembut. Adonan tersebut juga bisa dimodifikasi dengan menambahkan buah nangka yang dipotong dadu, irisan daging kelapa muda atau keju parut. Sesendok demi sesendok adonan dimasukkan ke dalam cetakan daun pisang, kemudian dijepit dengan lidi atau diikat. Setelah itu dikukus hingga matang.
Jika dulu barongko termasuk makanan mewah dan hanya dihidangkan di acara-acara kerajaan, saat ini sudah bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional.

 source:hellomakassar.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT