INGREDIENTS 11

Kangkung






Kangkung merupakan tanaman yang tergolong ke dalam sayur-sayuran yang sangat populer, karena masyarakat kuhusnya di Indonesia hampir setiap individu menyukainya. Kangkung di Indonesia dimasukan ke dalam menu makanan seperti, tumisan, sayur asam, opor, dan sayur pelengkap pada gado-gado, selain rasanya yang lezat kangkung harganya relatif murah. Selain dijadikan sebagai menu masakan kangkung juga dapat dimanfaatka sebagai obat tradisional salah satunya adalah berfungsi sebagai menenangkan saraf dan obat tidur.
Bagian organ tanaman kangkung yang bisa dikonsumsi adalah batang muda dan pucuk daun segarnya. Kangkung selain rasanya yang lezat juga memiliki kandungan gizi cukup tinggi yang berguna bagi tubuh manusia diantaranya adalah vitamin A, B dan vitamin C, asam amino, zat besi, fosfor, karoten dan sitosterol (Perdana, 2009). Kangkung juga mengandung saponin, flavonoid dan poliferol (Syamsuhidayat dan Hutapea, 1991).
Sayuran ini dapat tumbuh dengan baik di pekarangan rumah dan areal persawahan. Kangkung dapat hidup dimana saja baik itu dataran rendah maupun dataran tinggi sehingga kangkung mudah ditemukan hampir diseluruh wilayah Indonesai.
Kangkung memiliki nama lain, yaitu Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach dan kangkung darat.Nama lokal kangkung yaitu rumpun, kalayu, lalidik (Sumatera), panggung, lara, nggangodo, angadono (Jawa), kangko, kanto, tatanggo, tanggo, naniri, lare (Sulawesi), utangko, behob, tatako, kangko (Maluku), pangpung (Bali) dan lara (Bima Nusa Tenggara)

Nutrisi

Di dalam setiap 100 gram sayuran kangkung mengandung ;
Energi = 29 kkal
Protein = 3 gr
Lemak = 0,3 gr
Karbohidrat = 5,4 gr
Kalsium = 73 mg
Fosfor = 50 mg
Zat Besi = 3 mg
Vitamin A= 6300 IU
Vitamin B1 = 0,07 mg
Vitamin C = 32 mg.


Manfaat

Mencegah anemia
Pencegaahn
Meningkatkan kualitas otak
Menyehatkan jantung
Menjaga sistem imum
Dll


Kalsifikasi

Hiup di wilayah berair
Batang panjangangnya 2-3 meter, dan bercabang
Daun seperti anak panah
Bunga berbentuk terompet dan berwarna putih
Berbiji belah (dikotil)
Berakar tunggang

Source :
http://materipengetahuanumum.blogspot.com/2016/11/pengertian-tanaman-kangkung.html?m=1
http://8villages.com/full/petani/article/id/58ce1bf67349a2dc13451af5
https://www.google.com/amp/s/manfaat.co.id/manfaat-kangkung/amp
https://brainly.co.id/tugas/11547777


 Sawi




History

Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.
Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapakelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.



Nutrisi

Menurut data pangan Kemenkes RI, dalam 100 gram caisin mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti:

Makronutrien
Energi (Energi): 20 Kalori
Protein (Protein): 1,7 gram
Lemak (Lemak): 0,4 gram
Karbohidrat (CHO): 3,4 gram
Serat (Serat): 1.2 gram

Mineral
Kalsium (Ca): 123 miligram
Fosfor (P): 40 miligram
Besi (Fe): 1,9 miligram
Natrium (Na): 18 miligram
Kalium (K): 358,2 miligram
Tembaga (Cu): 0,05 miligram
Seng (Zn): 1,4 miligram

Vitamin dan antioksidan
Beta-Karoten (Karoten): 1,675 mikrogram
Total Karoten (Re): 4,188 mcg
Thiamin (Vit. B1): 0,04 miligram
Riboflavin (Vit. B2): 0,19 miligram
Niasin (Niasin): 0,6 miligram
Vitamin C (Vit. C): 3 miligram

Manfaat

Menjaga imunitasi
Menjaga kesehatan jantung
Mamupu melawan infeksi


Karakteristk

Akr tunggang
Batang Pendek dan Beruas
Daun Lonjong dan Memanjang
Buah Bulat dan Lonjong
Bunga memanjang dan memiliki banyak cabang


Source :
http://dssimpangkanan123.blogspot.com/p/blog-page_22.html?m=1https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-nutrisi-jenis-sawi/amp/
https://brainly.co.id/tugas/56749



Bayam






Bayam memiliki nama lain Amaranthus spp. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.


Akar tanaman bayam memiliki sistem perakaran tunggal. Batang tanaman bayam berbentuk bulat, berair, lunak serta kurang berkayu. Warna batang bayam tergantung dari jenis bayam, bayam hijau memiliki batang berwarna hijau, begitu juga bayam merah yang memiliki batang berwarna merah. Daun bayam termasuk daun tunggal bertangkai. Warna daun mengikuti jenis bayam. Bentuk daun bundar telur memanjang. Panjang daun 1,5 - 6,0 cm, lebar daun 0,5 - 3,2 cm, tangkai daun berbentuk bulat dengan bentuk permukaan opacus. Dan anjang tangkai daun 0,5 - 9,0 cm. Bunga bayam merupakan bunga berkelamin tunggal, tersusun majemuk tipe tukal yang rapat dan berwarna hijau. Memiliki lima mahkota dengan panjang 1,5 - 2,5 mm. Bunga jantan memiliki bentuk bulir, untuk bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Buah bayam berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm. Dan biji bayam berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 - 1 mm.


Dalam dunia kuliner, bayam menjadi salah satu sayuran yang serba guna. Bayam dapat diolah menjadi sayur bening, tumisan atau lalapan rebus. Selain itu, bayam juga bisa dibuat kudapan yang bernama keripik atau rempeyek bayam. Bayam merupakan sayuranyang baik untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Bayam juga tinggi akan vitamin C. Asupan bayam yang cukup dapat membantu tubuh membentuk sistem imunitas dan meredakan gejala panas dalam. Akan tetapi, bayam mempunyai kandungan purin yang relatif tinggi dan dapat memicu kenaikan asam urat pada persendian. Disarankan bagi penderita asam urat supaya mengurangi asupan bayam.


Bayam adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bayam mengandung energi sebesar 36 kkal, protein 3,5 gr, karbohidrat 6,5 gr, lemak 0,5 gr, kalsium 267 mg, fosfor 67 mg, dan zat besi 4 mg. Selain itu, di dalam bayam juga terkandung vitamin A sebanyak 6090 IU, vitamin B1 0,08 mg dan vitamin C 80 mg.


Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Bayam
http://duniaplant.blogspot.com/2015/09/pengertian-definisi-tanaman-bayam-dan-morfologinya.html
http://www.kerjanya.net/faq/18574-bayam.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT