INGREDIENTS

  • MUNG BEAN
History :

Tanaman kacang hijau diduga berasal dari India, kemudian menyebar ke berbagai negara Asia tropis, termasuk ke Indonesia di awal abad ke-17. Di Indonesia, kacang hijau juga dikenal sebagai tanaman sayur semusim. Kacang hijau atau (Vigna radiata) berasal dari famili pabaceae alias polong-polongan, kacang hijau dan kecambahnya banyak manfaat bagi kesehatan.


(source : http://ilmusejarahbiologi.blogspot.com/2016/01/pengertian-definisi-kacang-hijau-vigna.html)

Nutrient Content :Amount Per
100 gram
Calories 347% Daily Value*
Total Fat 1.2 g 1%
Saturated fat 0.3 g 1%
Polyunsaturated fat 0.4 g
Monounsaturated fat 0.2 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 15 mg 0%
Potassium 1,246 mg 35%
Total Carbohydrate 63 g 21%
Dietary fiber 16 g 64%
Sugar 7 g
Protein 24 g 48%
Vitamin A 2% Vitamin C 8%
Calcium 13% Iron 37%
Vitamin D 0% Vitamin B-6 20%
Vitamin B-12 0% Magnesium 47%

(source : https://www.google.com/search?q=mung+bean+&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)


Function :


1. Mencegah penyakit jantung

Suatu studi mengungkapkan bahwa kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan ia mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, dan mengurangi pembengkakan.

2. Mencegah kanker

Suatu penelitian medis mengungkapkan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung polyphenol dan oligosakarida dengan kadar yang tinggi, yang mampu mengurangi perkembangan kanker.

3. Kaya protein

Berdasarkan Departemen Kimia Institut Teknologi Harbin, 85 persen dari total asam amino dihasilkan oleh albumin dan globulin yang terkandung dalam kacang hijau.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Fitonutrien yang terkandung dalam kacang hijau bekerja sebagai anti-pembengkakan serta mampu membantu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi, dan sebagainya.

5. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa peneliti mengatakan bahwa mengonsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin, hormon yang dapat membuat seseorang mudah merasa kenyang. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi.

6. Mengurangi efek PMS (sindrom pramenstruasi)

Kacang hijau membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung vitamin B6, vitamin B dan folat.

7. Melancarkan pencernaan

Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

8. Mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat

Pengobatan tradisional cina meyakini bahwa kacang hijau dapat mendorong produksi kolagen dan mempercantik kulit, karena kacang hijau mengandung phytoestrogen yang berkhasiat menunda penuaan.

9. Membersihkan tubuh dari racun

Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif untuk membersihkan pestisida dan metal berat seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

(source : https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-kacang-hijau)

  • GREEN BEAN


History :

Kacang buncis berasal dari Amerika, sedangkan kacang buncis tipe tegak (kidney-bean) atau kacang jago adalah tanaman asli lembah Tahuaacan-Meksiko. Penyebarluasan tanaman buncis dari Amerika ke Eropa dilakukan sejak abad 16. Daerah pusat penyebaran dimulai di Inggris (1594), menyebar ke negara-negara Eropa, Afrika, sampai ke Indonesia.

Pembudidayaan tanaman buncis di Indonesia telah meluas. Tahun 1961-1967 luas areal penanaman buncis di Indonesia sekitar 3.200 hektar, tahun 1969-1970 seluas 20.000 hektar dan tahun 1991 mencapai 79.254 hektar dengan produksi 168.829 ton.

Daerah yang sejak lama menjadi sentra pertanaman buncis antara lain Kotabatu (Bogor), Pengalengan dan Lembang (Bandung) dan Cipanas (Cianjur).


(source : https://ibutani.blogspot.com/2011/10/sejarah-buncis.html)

Nutrient Content :

Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 30
Jumlah Lemak 0.1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0.1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 6 mg
Kalium 209 mg
Jumlah Karbohidrat 7 g
Serat pangan 3.4 g
Protein 1.8 g
Vitamin A 108 IU Vitamin C 16.3 mg
Kalsium 37 mg Zat besi 1 mg
Vitamin D 0 IU Vitamin B6 0.1 mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 25 mg

(source : https://www.google.com/search?q=buncis&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b-ab)

Function :

1. Membasmi racun pada pencernaan anda

Dengan cara anda mengkonsumsi sayur buncis, maka dari situ akan bisa membantu membersihkan racun dalam tubuh, terutama pada sistem pencernaan anda. Hal demikian karena di dalam buncis mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa mencegah iritasi pada usus besar. Oleh karena itu, mengkonsumsi buncis sangat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Memperkuat tulang

Pada sayur buncis memang mengandung fosfor dan kalsium, yang mana cukup dikenal untuk menguatkan tulang dalam tubuh. Dan hendaknya dari situ anda bisa sering mengkonsumsi sayur buncis, baik itu dalam bentuk sup atau masakan lainnya. Sehingga kondisi tulang dalam tubuh tetap kuat, seiring dengan bertambahnya usia anda.

3. Menjadikan jantung anda sehat

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buncis, mampu menjadikan kondisi jantung anda tetap sehat. Hal demikian karena buncis sendiri mengandung serat, potasium, asam folat, yang semuanya itu akan bisa mencegah adanya komplikasi jantung dalam tubuh. Sehingga membuat jantung anda bisa terjaga dengan baik. Bahkan kandungan nutrisi buncis ini, juga bisa menurunkan LTD atau kadar kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Yang mana hal itu memang salah satu penyebab terjadinya jantung anda mengalami gangguan.

4. Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh

Tahukah anda, bahwa kandungan zat besi yang terdapat pada buncis ini, memang sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini karena kandungan zat besi yang terdapat pada sayur buncis itu sendiri, nantinya akan bisa meningkatkan produksi hemoglobin. Yang mana hemoglobin ini berguna untuk menjadikan darah lebih banyak dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga hal tersebut bisa menjadikan sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancer, tanpa ada timbulnya masalah.

5. Baik untuk penderita diabetes

Kemampuan buncis ini memang sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal demikian karena kandungan indeks glikemik yang ada di dalamnya, cukup sehat bila dikonsumsi bagi seseorang yang terkena diabetes. Bahkan kandungan glyconutrients yang ada pada sayur buncis ini, mampu mengontrol kadar gula darah agar tetap dalam kondisi normal.

6. Baik bagi ibu hamil

Dalam sayur buncis ini, terdapat kandungan asam folat yang bisa berguna untuk mencegah bayi lahir dalam konsisi cacat. Bahkan vitamin K pada buncis, memang bisa meningkatkan perkembangan pada janin. Sehingga bagi para ibu hamil, sayur buncis ini sangat baik untuk dikonsumsi, yang nantinya akan bisa mendukung terhadap masa kehamilan anda.

7. Menjadikan pikiran lebih tenang

Sayur buncis, memang memiliki sifat hipoglikemik yang mampu menenangkan saraf. Selain itu juga bisa membantu mengurangi rasa stres dan meningkatkan kesehatan pada mental anda. Alhasil, pikiran pun akan bisa menjadi lebih tenang, dan mudah terkendali. Oleh karena itu, bila anda merasa diri kurang nyaman karena terlalu banyak pikiran, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi jenis sayuran buncis ini, sehingga bisa menjadi salah satu solusi yang tepat bagi anda

(source : https://www.arbamedia.com/2015/08/manfaat-sayur-buncis.html)




KACANG ALMOND



Di Indonesia, kacang almond atau kenari memiliki popularitas yang tinggi. Bentuk kacang almond ini lonjong dengan warna cokelat tua (berkulit). Permukaan kulitnya tampak seperti keriput. Kita bisa menemukan kacang ini dalam berbagai kondisi, seperti utuh atau cacah (sliced), kupas atau berkulit, dan mentah (raw) atau panggang (roasted). Rasa dari kacang almond ini gurih dan cenderung manis, sehingga cocok dicampurkan ke dalam aneka dessert seperti cake, cookies, cokelat, bahkan minuman.

https://resepkoki.id/2017/09/18/12-jenis-kacang-yang-bisa-dijumpai-di-indonesia/

kandungan dalam kacang almond yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan :


  • Kaya kandungan minyak ( 49% )
  • Asam lemak omega-9 ( 62 % )
  • Asam lemak omega-3
  • Asam lemak omega-6 ( 24% )
  • Asam palmiat ( 6% )
  • Karbohidrat ( 26% )
  • Serat ( 12% )
  • Gula ( 6,3% )
  • Pati ( 0,7% )
  • Kaya akan vitamin E ( 24 miligram per 100 gram ).
  • Magnesium.
  • Serat
  • Asam amino esensial
  • Tembaga
  • Vitamin B
  • Kalsium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Vitamin B6.
  • Vitamin C.
  • Zat besi
  • Lemak nabati
  • Lemak tidak jenuh
  • Kalori
  • Tinggi antioksidan.
  • Fenilalanin.
  • Biotin

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

  1. Pengontrol Diabetes
Meski kacang almond memiliki kandungan gula didalamnya, namun kacang ini bermanfaat untuk mengontrol kadar gula di dalam tubuh seseorang. Mengontrol kadar gula bisa menghindarkan penderita diabetes dari berbagai macam komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit diabetes. Berikut ini fakta dari kacang almond bisa digunakan sebagai pengontrol diabetes :
Kandungan kacang almond berupa lemak sehat, lemak tidak jenuh, serat dan mineral bisa membuat tubuh menyerap glukosa dan mengolah glukosa secara cepat.
Penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Care menunjukkan bahwa kacang almond bisa mengontrol diabetes dengan tipe 2, baik untuk pria maupun wanita. Khususnya bagi wanita yang telah mengalami masa menopause.
Konsumsi satu ons almond sebelum sarapan dan memakan makanan porsi besar bisa mempertahankan kadar gula yang sehat di dalam tubuh.

Baik untuk diabetes:
Manfaat buah naga
Manfaat tauge
Manfaat buah mengkudu
Manfaat daun mangga
 

2. Menciptakan Jantung Sehat

Jantung adalah organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Sayangnya kinerja organ jantung sering terganggu oleh berbagai penyakit. Misalnya saja diabetes, kolesterol jahat, hipertensi dan asam urat tinggi. Jika tidak segera diobati, penyakit jantung bisa menyebabkan serangan jantung koroner yang tiba-tiba, mendadak dan sekaligus mematikan. Menjaga kesehatan jantung lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Berikut ini fungsi kacang almond dalam menciptakan jantung yang sehat : 



  • Magnesium yang terdapat di dalam kacang almond bermanfaat untuk melancarkan dan meningkatkan aliran darah ke jantung.
  • Magnesium juga mengontrol pergerakan oksigen bersama dengan nutrisi ke jantung dan ke seluruh tubuh.
  • Ketika aliran darah lancar, aliran darah meningkat diikuti dengan pergerakan oksigen dan nutrisi bisa menyebabkan tekanan darah selalu normal. Tekanan darah yang normal bisa menyehatkan jantung.
  • Lemak tidak jenuh di dalam kacang almond juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung.
  • Vitamin E dan antioksidan yang tinggi bisa mencegah terjadinya peradangan pembuluh darah arteri dan kerusakan arteri. Arteri itu merupakan pembuluh darah yang vital bagi organ jantung. Jika arteri sehat, jantung pun akan sehat.

Baik untuk jantung:
Manfaat kacang panjang
Manfaat ikan
Manfaat susu kedelai

 
3. Meningkatkan Kinerja Otak

Otak adalah sistem syaraf pusat yang ada di dalam tubuh manusia. Jika otak terganggu, maka sistem syaraf yang dibawahinya pun akan terganggu. Almond dianggap sebagai suplemen makanan terbaik untuk otak. Berikut ini manfaat kacang almond untuk otak : 



  • Vitamin E yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk pencegahan penurunan kognitif di dalam otak.
  • Vitamin E bisa meningkatkan kewaspadaan memori otak.
  • Vitamin E di dalam kacang almond juga bisa meningkatkan kapasitas memori otak.
  • Kacang almond kaya akan mineral, mineral bermanfaat untuk melindungi sel-sel dan syaraf yang ada di otak dari kerusakan. Kerusakan otak banyak disebabkan oleh radikal bebas.
  • Kandungan vitamin B6 di dalam kacang almond bisa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme protein. Metabolisme protein itu diperlukan untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak.
  • Kandungan fenilalanin bisa mencegah terjadinya penyakit parkinson. Penyakit parkinson ini bisa disebabkan oleh syaraf otak yang rusak. Fenilalanin juga bisa membuat otak memiliki adrenalin dan dopamin.
  • Untuk mendapatkan khasiat kacang almond yang bermanfaat untuk otak, diperlukan segenggam kacang almond setiap harinya.

Baik untuk kinerja otak:
Manfaat bermain gitar
Manfaat omega 3
Manfaat ikan gabus

 
4. Diet

Salah satu manfaat kacang almond untuk kesehatan adalah bisa digunakan untuk diet. Nutrisi yang ada di dalam kacang almond bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Nutrisi pada kacang almond yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah serat, lemak tak jenuh dan juga protein. Memakan kacang almond akan membuat rasa kenyang lebih lama. Untuk diet, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi almond. Cukup 1 ons per harinya saja.

Baik untuk diet:

Manfaat sayur asem
Manfaat kacang koro

 
5.Mencegah Kecacatan Bayi

Ibu hamil yang sedang mengandung bayi diharapkan untuk bisa mengkonsumsi kacang almond setiap harinya. Asam folat yang terkandung dalam kacang almond sama dengan peran susu hamil. Asam folat tersebut bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan dan pertumbuhan sel jaringan di dalam tubuh bayi.

Baik untuk mencegah bayi cacat:
Manfaat jagung muda
manfaat asparagus

Manfaat kacang hijau
Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi kacang almond bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Hal itu dikarenakan di dalam kacang almond terkandung serat yang tinggi. Serat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. 



baik untuk pencernaan :
Manfaat lidah buaya
Manfaat apel
Manfaat kacang merah

https://manfaat.co.id/manfaat-kacang-almond


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT