LOKAL FOOD

  • BAKSO

Bakso,siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini.Makanan yang juga merupakan salah satu makanan favorit mantan presiden amerika Barack obama ini sangatlah populer dikalangan masyarakat indonesia.Sebelum membahas lebih jauh tentang bakso mari kita melihat sedikit tentang sejarah bakso diindonesia.

Sejarah bakso di Indonesia
Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'.
Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang.
Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa.
Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah. 


source : http://baksoguide.blogspot.co.id/2015/12/sejarah-asal-usul-bakso.html

Satu butir bakso mengandung 196,9 kalori. Hal itu berarti kalori dalam bakso lebih tinggi dari 100 gr nasi putih dan setara dengan 95gr martabak telur.Di Indonesia, ada sangat banyak bakso berbentuk unik. Mulai dari bakso gepeng, bakso barbel, bakso kotak, hingga bakso raksasa berukuran sebesar mangkuk.
Ciri khas tukang bakso gerobak di Indonesia adalah selalu menjual bakso dengan menggunakan mangkuk bercorak ayam jago.Bakso yang dikonsumsi bersama cuka bisa menimbulkan kematian, lho! Hal ini karena bisa memperlambat aliran darah dan kerja jantung.
source : https://kumparan.com/stephanie-elia/11-fakta-unik-bakso-ada-sejak-dinasti-ming-hingga-populer-di-eropa
Itu dia sekilas tentang bakso........



  • NASI GORENG


Tidak dapat dipungkiri jika saat ini nasi goreng merupakan makanan yang sudah banyak dikenal masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, nasi goreng juga ada di berbagai negara namun dengan varian yang beragam. Bahan serta bumbu-bumbunya pun cukup bervariasi, meskipun demikian tetap saja bahan utama dalam memasak nasi goreng adalah nasi yang sudah dingin atau tidak hangat. Seperti yang kita kenal, nasi goreng yang mudah ditemukan di Indonesia yaitu nasi goreng jawa, nasi goreng ikan asin, nasi goreng kambing, nasi goreng pete, dan ada juga nasi goreng – nasi goreng lainnya.

Sejarah Nasi Goreng
Sebenarnya ide masyarakat Tionghoa didapatkan karena ia tidak suka dengan makanan-makanan yang dingin. Karena itulah masyarakat Tionghoa mencoba untuk memasak kembali nasi yang sudah dingin. Untuk menambahkan cita rasa dalam nasi yang ia masak tersebut, masyarakat Tionghoa menambahkan bumbu-bumbu yang ia senangi. Hasil dari masakan tersebut ternyata cukup digemari oleh masyarakat Tionghoa. Dari mulut ke mulut tersebarlah cara yang lebih baik dalam mengolah nasi putih yang sudah dingin dari pada di buang. Cara tersebut juga merupakan cara masyarakat Tionghoa dalam menghindari pemborosan beras.
source : http://kooliner.com/blog/sejarah-nasi-goreng/ 

 
Nasi goreng ternyata bukan makanan paling ideal buat kamu yang lagi diet, kalori seporsi nasi goreng ternyata lumayan gede! Bisa dilihat si dari cara masaknya, nasi putih yang memang kalorinya lumayan gede, dimasak dengan minyak atau mentega, belum lagi berbagai toping seperti daging-dagingan. Seporsi nasi goreng bisa mencapa 637 kalori! jauh lebih banyak dibandingkan cheeseburger yang jumlah kalorinya hanya 310 kalori!

Jangan Makan Mentimun Bersama Nasi Goreng
Wah! Padahal kamu pasti sering banget makan potongan mentimun bersama nasi goreng! Memang si, potongan mentimun pas banget buat ngimbangin nasi goreng yang cenderung berminyak. Tapi ternyata nasi goreng plus mentimun berbahaya! Hal ini disebabkan karena kandungan minyak yg sudah dipakai untuk memasak mengandung racun yang berbahaya apabila digabung dengan kandungan air atau getah yang ada pada metimun. Hal ini dapat menyebabkan radang pada tenggorokan dan parahnya bisa mengakibatkan kanker kelenjar tiroid.
source : https://www.qraved.com/journal/restaurants/5-fakta-nasi-goreng-yang-mengejutkan/

Ringkasan Gizi:
Kal : 336
Lemak : 12,46g
Karb : 42,12g
Prot : 12,6g
Terdapat 336 kalori dalam Nasi Goreng (200 gram).
Rincian Kalori: 34% lemak, 51% karb, 15% prot.
source : http://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/nasi-goreng?portionid=53779&portionamount=200,000

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT