local food

1. TAPAI SINGKONG
Hasil gambar untuk Tapai singkong

Tapai singkong, yakni tape yang terbuat dari bahan dasar singkong. Jenis tapai ini biasanya dibuat untuk dijual, kebanyakan berupa industri rumah tangga. Tapai singkong yang populer berasal dari daerah Bandung (banyak dijajakan di Jalan Raya Padalarang di wilayah Cipatat), dan jika di Jawa Timur, dari daerah Bondowoso.

Tapai ketan atau tapai pulut, yakni yang terbuat dari beras ketan (beras pulut), baik dari ketan putih maupun ketan hitam. Di banyak daerah di Jawa, tapaai ini biasa dibuat sendiri di rumah-rumah, terutama sebagai persediaan penganan di saat Lebaran. Namun, tapai ini pun acap dijajakan oleh pedagang keliling di Jawa Barat (tapai ketan hitam, dalam kombinasi dengan uli sebagai tape uli); atau dalam kemasan kecil-kecil, tapai ketan putih terbungkus daun (jambu air, atau waru).


https://id.wikipedia.org/wiki/Tapai

 

2. BUBU INJINHasil gambar untuk BUBUH INJIN

Bubuh Injin atau yang lebih dikenal dengan istilah bubur ketan hitam ini berasal dari Pulau Dewata. Kalau ditilik lebih seksama tak ada yang membedakannya dengan bubur ketan hitam biasanya. Mungkin hanya penamaannya saja yang berbeda di setiap daerah.

Bubur ketan hitam (disebut juga bubur pulut hitam atau bubur injit) merupakan hidangan penutup, dengan cita rasa manis, yang terbuat dari beras ketan yang direbus dengan air berlebih hingga lunak, dan biasa disajikan dengan santan.Bubur ketan hitam merupakan sebutan yang dipakai di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Di daerah dengan pengaruh budaya Melayu yang kuat, bubur ini disebut "bubur pulut hitam".Sementara di Bali dan di Nusa Tenggara Timur, nama dari makanan ini adalah "bubur injit".Makanan ini dapat disajikan dingin maupun hangat.Bahan utama untuk membuat bubur ketan hitam adalah beras ketan hitam, gula merah, daun pandan, dan santan kelapa. Gula pasir dapat digunakan untuk menggantikan gula merah. Bubur ketan hitam dibuat dengan merendam beras ketan (selama kurang lebih 1 jam). Beras tersebut kemudian direbus dengan daun pandan yang direndam, hingga mendidih. Kemudian, dengan intensitas api yang dikurangi, beras terus direbus hingga matang dan lunak. Ketika sudah lunak, gula merah dapat ditambahkan.Makanan ini bisasa disajikan dengan santan. Bubur dapat disajikan dalam keadaan panas maupun dingin.

https://id.wikipedia.org/wiki/Bubur_ketan_hitam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT