Famous food 1

RED VELVET CAKE
 
Hasil gambar untuk RED VELVET CAKE
Red Velvet Cake ternyata sudah ada sejak jaman perang dunia kedua, yakni sekitar tahun 1940-an. Cake yang dulu popular di Amerika Serikat ini merupakan cake yang disajikan untuk para tentara. Jadi sejarahnya, cake ini muncul saat perang dunia kedua. Waktu itu, para pastry chef mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan pembuat kue seperti pewarna makanan karena di negara Paman Sam itu sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup parah. Akhirnya mereka membuat inovasi kuliner yang tidak terduga. Berhubung buah bit yang termasuk dalam ras umbi-umbian ini banyak ditemui di negara tersebut, para pastry chef akhirnya menggunakan sari buah bit untuk mewarnai cake buatan mereka sehingga lahirlah Red Velvet Cake.
Red Velvet Cake diangkat dan diproduksi secara masal pertama kalinya oleh sebuah perusahaan asal Texas bernama Adam Extract. Di Kanada, kue ini dikenal sebagai makanan penutup yang terdapat di toko roti, restoran, dan Eaton’s department store pada tahun 1940-an serta di hak patenkan sebagai resep ekslusif Eaton’s.Setelah itu, Red Velvet Cake semakin dikenal dan mendunia berkat sebuah film tahun 1989 yang berjudul Steel Magnolias, dalam film tersebut pengantin prianya membawa Red Velvet Cake dalam bentuk armadillo (sejenis binatang tapir).
Kemudian, ada cerita lain menyebutkan bahwa seorang perempuan datang ke restoran tersebut dan terpukau dengan sajian kue yang ia makan. Kue yang disukai oleh wanita tersebut adalah kue merah buatan restoran itu! Saking terpesonanya, bahkan sampai meminta resepnya ke chef yang kemudian berakhir dengan pihak restoran memberikan resep beserta dengan tagihan ‘balik jasa’ sebesar $350. Dari sinilah kue red velvet mulai tersebar tatkala perempuan itu menyebarkan resep kue merah tersebut. Selain cerita tersebut, muncul kisah lain mengenai asal usul red velvet berasal dari restoran sekaligus toko roti Departemen Store Earton di Kanada.

Pada tahun 1940 dan 1950-an, istri dari pemilik tempat tersebut membuat red velvet dan menjualnya, kemudian dirinya mengklaim kalau kue tersebut adalah produk asli dari Earton.
Di Indonesia sendiri, Red Velvet Cake mulai dikenal sejak tahun 2011, semenjak itu juga Red Velvet menjadi sasaran pencinta cake walaupun harganya terhitung mahal.
Selain warna merah menyala yang menjadi daya tarik utama keseksian Red Velvet, keistimewaan dari cake ini terletak dari krim olesannya. Jika umumnya krim olesan cake terbuat dari mentega putih atau krim putih telur alias maringue, krim olesan pada Red Velvet menggunakan cream cheese yang dipadu dengan vanilli dan sedikit gula bubuk sehingga menghasilkan rasa asam, gurih, dan manis menjadi satu. Ditambah dari tekstur cake yang lembut dan lembab, menjadikan cake yang juga dijuluki DeviL’s Food ini. Kenapa dijuluki Devil’s Food Karena warna merahnya menyimbolkan sosok devil dan juga pertumpahan darah pada masa perang dunia.
Resep Red Velvet Cake
Bahan bahan :
* 2 1/2 cups (250 grams) tepung terigu untuk membuat cake (diayak)
* 1/2 sendok teh garam
* 2 sendok makan (15 grams) regular atau Dutch-processed coklat bubuk
* 1/2 cup (113 grams) butter (tidak asin), suhu ruangan
* 1 1/2 cups (300 grams) gula putih (diayak)
* 2 butir telur
* 1 sendok teh vanilla ekstrak
* 1 cup (240 ml) buttermilk
* 2 sendok makan pewarna makanan merah
* 1 sendok teh cuka
* 1 sendok teh baking soda

Cream Cheese Frosting:
* 1 – 8 ons (227 grams) cream cheese, suhu ruangan
* 1 – 8 ons (227 grams) tub of Mascarpone cheese, suhu ruangan
* 1 sendok teh vanilla ekstrak
* 1 cup (115 grams) gula halus, diayak
* 1 1/2 (360 ml) cups whipping cream (double cream) (35-40% butterfat) dingin.

Cara membuat Red Velvet Cake:
* Panaskan oven (175 C) dan taruh rak di tengah oven. Oleskan mentega di dua buah loyang kue bundar (23 cm) dan tataki dengan kertas alumunium, masukkan ke tengah oven, dan biarkan.
* Di mangkuk terpisah, aduk tepung terigu, garam, dan bubuk coklat. Sisihkan.
* Di mangkuk mixer elektrik, kocok mentega sampai halus (1-2 menit). Tambahkan gula dan kocok sampai halus (2-3 menit). Tambahkan telur, satu per satu, kocok sampai tercampur. Tambahkan vailla ekstrak dan aduk sampai tercampur.
* Di cup ukur, campurkan buttermilk dan pewarna merah. Lalu di dalam mixer elektrik, dgn kecepatan rendah, masukkan secara bergantian campuran tepung dan buttermilk ke dalam adonan butter, secara berurutan 3 kali, yg awal tepung dan terakhir juga tepung.
* Di dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan cuka apel dan baking soda. Biarkan tercampur sebentar lalu segera masukkan ke dalam adonan cake tadi.
* Dengan cepat, bagi adonan adonan ke dua loyang cake bulat yang sudah dimasukkan ke dalam oven tadi. Lalu panggang selama 25-30 menit. Kemudian dinginkan cake yang sudah matang selama 10 menit dan keluarkan dari loyang sampai benar – benar dingin. Setelah itu bungkus dengan plastik dan simpan cake ke dalam kulkas selama satu jam atau semalam, hal ini untuk memudahkan mengisi dan menghias dengan frosting nantinya.

Cream Cheese Frosting:
Di dalam mangkuk mixer, atau dengan tangan, kocok cream cheese dan keju mascarpone sampai halus. Tambahkan vanilla dan gula halus lalu kocok sampai lembut. Dengan spatula, secara bergantian masukkan heavy cream dan whip cream sampai adonan frosting cukup tebal.

Finishing:
Dengan pisau kue, potonglah cake yang sudah didinginkan menjadi dua bagian secara horizontal. Dan kini anda punya 4 layer cake. Sekarang susunlah 4 layer cake berikut,susunan pertama diolesi dengan frosting lalu begitu seterusnya sampai paling atas. Olesi bagian paling atas sampai ke samping dengan frosting. Anda bisa menghiasi juga dengan garnish atau potongan kecil kacang2an sesuai selera. Sajikan Untuk : 10 – 12 potong. 


BLACKFOREST CAKE 


Hasil gambar untuk BLACKFOREST CAKE

Black Forest, Baden-Württemberg, Jerman
Sejarah terciptanya kue black forest berawal dari sebuah hutan di provinsi Baden-Württemberg, Jerman bernama Schwarzwald yang dalam Bahasa Inggris berarti Black Forest atau Hutan Hitam. Awalnya Black Forest tidak berupa kue, melainkan hanya dessert yang terdiri dari krim, cherry dan kirschwasser (air saribuah cherry). Kirschwasser ini ada yang mengandung alkohol dan ada yang tidak. Itulah sebabnya orang Jerman tidak pernah menyebut kue ini dengan nama black forest melainkan Schwarzwälder Kirschtorte yang dalam Bahasa Indonesia berarti kue cherry hutan hitam.
Kirschwasser tersebut diproduksi di daerah Schwarzwald (Black Forest) karena daerah ini terkenal dengan cherry berkualitas baik dan melimpah. Masyarakat sekitar Schwarzwald (Black Forest) merasa wajib menggunakan kirschwasser untuk kue mereka.
Ada pula yang menyebutkan bahwa bentuk kue black forest ini terinspirasi dari topi tradisional masyarakat sekitar Schwarzwald (Black Forest) yang disebut dengan Bollenhut dengan hiasan berbentuk bulat berwarna merah diatasnya yang mirip buah cherry.
Josef Keller (1887-1981), seorang pembuat kue sekaligus pemilik toko kue di kota Bad Godesberg mengaku bahwa dialah yang memiliki resep black forest pertama kalinya. Salah satu resep black forest yang ditulis tangan olehnya masih beredar sampai sekarang, meskipun tak ada kepastian apakah benar dia adalah orang pertama yang membuat black forest.

Kabar burung lainnya menyebutkan bahwa seorang pemilik Cafe Walz di daerah Tübingen, Erwin Hilderbrand sebagai penemu black forest diawal tahun 1930. Tübingen merupakan kota kecil yang dulu masuk wilayah Schwarzwald (Black Forest). Namun saat ini sudah membentuk kecamatan sendiri.

Mulai tahun 1930-an, black forest mulai berkelana keluar daerah Schwarzwald (Black Forest). Ketenarannya mulai merata di seluruh Jerman, Austria dan kota-kota besar di Swiss. Toko-toko cake and bakery mulai menjadikan black forest sebagai koleksi wajib mereka karena mulai banyak dicari pelanggan.
Bentuk 'black forest' terus berkembang dan mengalami perubahan yang disesuaikan dengan citarasa lokal. Contohnya, penggantian minuman keras kirsch dengan bahan lainnya. Bahkan, ada beberapa penambahan variasi yang menghasilkan 'black forest' dengan bentuk yang berbeda. Akan tetapi, apapun kontroversi yang menjadi polemik, 'black forest' adalah kue cherry dari daerah Black Forest (Schwazwalder) yang aslinya merupakan kue coklat berlapis dengan kirsch, whipped cream (krim segar), buah ceri hitam dan hiasan coklat serut. 'Black forest' bukanlah kue hitam yang berkonotasi bahwa kue tersebut harus berwarna gelap pekat.
Pada tahun 1949, black forest dinobatkan sebagai kue paling terkenal diurutan ke 13 se-Jerman dan sejak tahun 2006 pemerintah daerah Schwarzwald (Black Forest) mengadakan festival black forest setiap dua tahun sekali, tepatnya di daerah Todtnau. Dalam festival ini, para hobby backer baik yang profesional maupun yang amatir berlomba-lomba membuat kue black forest yang lezat dengan hiasan semenarik mungkin
Dewasa ini rasanya pantas jika black forest dinobatkan sebagai kue paling populer dari masa ke masa, meskipun sampai saat ini tak ada yang bisa membuktikan siapa yang pertama kali menemukan resep black forest. Siapapun orangnya yang pasti resep black forest yang telah ia buat sangat disukai seluruh masyarakat dunia.

RESEP BLACKFOREST
Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue:
Ø 100 gram tepung terigu protein sedang
Ø 8 butir telur 200 gram gula pasir
Ø 60 gram coklat bubuk
Ø 100 gram mentega, lelehkan
Ø 40 gram tepung maizena
Ø 1/4 sendok teh vanili
Ø 1 sendok makan emulsifier
Bahan Untuk Garnish:
Ø 500 gram krim kocok / butter cream
Ø 1 kaleng cherry hitam
Ø 100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
Ø 10 buah cherry merah
Tips Mempersiapkan Bahan dan Peralatan Untuk Kue:
1. Untuk yang pertama, kita akan lakukan terlebih dahulu dengan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk membuat adonan kue. Hal ini penting sekali, karena beberapa peralatan tersebut akan dapat menunjang anda untuk membuat bahan kue dengan lebih nyaman. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah loyang kue dengan ukuran 22x22x4 sebanyak 3 buah, oven, mixer, baskom dan beberapa wadah yang akan digunakan untuk menampung bahan-bahan kue. Nah, dengan mempersiapkan beberapa peralatan ini, maka nantinya kegiatan membuat adonan kue akan bisa anda lakukan dengan lebih tenang. Dengan demikian, anda tak perlu pergi bulak-balik ke dapur hanya untuk menjangkau peralatan-peralatan tersebut.
2. Setelah peralatan diatas dipersiapkan, lanjutkan dengan mengolesi loyang yang anda siapkan dengan menggunakan mentega atau butter. Olesi loyang secara merata dan taburi dengan tepung terigu, taburkan dengan merata sampai tepung melapisi olesan mentega dengan tipis. Lalu setelah itu, sisihkan sementara.
3. Selanjutnya, baru persiapkan beberapa bahan yang akan anda gunakan seperti halnya untuk mentega. Masukkan mentega dalam wajan dan lelehkan dengan menggunakan api yang sedang. Aduk-aduk bahan ini sampai anda bisa melihat bahwa kini mentega telah meleleh secara merata. Angkat sajian ini dan sisihkan sementara.
4. Sementara itu, untuk cherry hitam, silahkan masukkan cherry dalam wadah dan saring airnya untuk kemudian pisahkan airnya dan masukkan cherry kedalam wadah untuk kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Kue Blackforest Sederhana:
1. Untuk membuat adonan kue, silahkan siapkan baskom dekat dengan jangkauan anda dan masukkan tepung terigu bersama dengan tepung mazeina dan juga coklat bubuk. Aduk-aduk bahan ini secara merata dan ayak dengan menggunakan saringan. Sisihkan sementara.
2. Setelah tu, kita akan buat adonan basah untuk kue. Caranya, siapkan wadah atau baskom yang baru dan kocok telur bersama dengan emulsifier sampai mengembang dan mengental selama kurang lebih 10-15 menit. Gunakan kecepatan paling tinggi pada mixer dan kocok terus.
3. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk yang telah diayak, kemudian masukkan mentega yang telah dicairkan. Aduk-aduk bahan ini secara merata sampai tercampur merata.
4. Nah, setelah semua bahan dicampur secara merata, silahkan bagi adonan kedalam 3 buah loyang yang sudah dipersiapkan dan ratakan bagian atasnya dengan menggunakan pisau.
5. Masukkan adonan dalam loyang kedalam oven dengan suhu 180 derajat dan biarkan selama kurang lebih 25 menit. Angkat kue dan dinginkan.
6. Basahi cherry hitam dan letakan satu lapisan kue, kemudian olesi dengan butter cream dan tempatkan cherry dibagian atasnya. Lakukan hal yang sama sampai lapisan kue terususun dengan cantik.
7. Terakhir, silahkan lumuri bagian permukaan kue dengan menggunakan buttercream dan hiasi dengan potongan coklat serut sampai terutupi. Lalu hidangkan.

SOURCE :
http://jadiberita.com/62049/asal-usul-red-velvet-cake-si-kue-tentara-as-jaman-perang.html
Harroun, D. 2014. Red Velvet Lovers Cookbook. Harvard Common Press. Boston, USA.
Smith, A.F. The Oxford Encyclopedia of Food and Drink in America: Second Edition.
https://lifestyle.okezone.com/read/2013/02/27/299/768318/fakta-tentang-red-velvet-perlu-anda-tahu
https://lskamntsr.wordpress.com/2013/11/22/sejarah-red-velvet-cakes/
https://inipasti.com/mengenal-sejarah-dibalik-kue-red-velvet/
https://goformyblog.wordpress.com/2012/09/30/red-velvet-cake/
https://www.bernas.id/60789-cerita-sejarah-di-balik-sepotong-black-forest.html
http://tau-sejarah.blogspot.com/2013/03/sejarah-kue-black-forest.html
https://www.idntimes.com/food/diet/siti-hajar-angun/sejarah-black-forest-c1c2/fullhttps://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-kue-black-forest-sederhana-yang-enak-lembut-dan-lezat





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT