INGIRIDIENTS, 2

KELAPA



STORY
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.Kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. Ia berasal dari pesisir Samudera Hindia, namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan. 


KANDUNGAN KELAPA
Air kelapa
Menurut hasil analisis, dalam air Kelapa tua mengandung sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Air Kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, dan lainnya.
Daging kelapa
Yang terkandung dalam daging buah Kelapa ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh.
https://www.deherba.com/mengelaborasi-kandungan-manfaat-buah-kelapa.html
MINYAK KELAPA

MANFAAT
2. Manfaat air kelapa muda
Memperlambat penuaan. Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. ...
Mengatur tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. ...
Baik untuk kesehatan pencernaan. ...
Lebih baik daripada minuman olahraga (sports drink)
Manfaat daging kelapa
Daging buah kelapa kaya akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan Anda. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu membantu pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan. Terkadang racun yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung, kenaikan berat badan, hingga penurunan kesehatan.
https://www.google.co.id/search?safe=strict&ei=_F_cW8uoEMj6rQHB0bDYAw&q=manfaat+kelapa&oq=manfaat+kelapa&gs_l=psy-ab.3..0i67k1j0l9.13862.16071.0.16795.14.8.0.5.5.0.452.813.2j1j4-1.4.0....0...1c.1.64.psy-ab..5.9.862....0.pTEtDPf87FM

 
KARATERISTIK BUAH KELAPA:
Buah kelapa umumnya besar, dengan diameter sekitar 10cm-20 cm bahkan bisa lebih. Warna buah kelapa terngantung dari jenis pohonnya ( bisa berwarna kuning atau hijau), untuk buah yang sudah tua akan berubah warna menjadi coklat.




SANTAN


Hasil gambar untuk santan
STORY
Santan, lengkapnya santan kelapa adalah cairan berwarna putih susu yang berasal dari parutan daging kelapa tua yang dibasahi sebelum akhirnya diperas dan disaring.[1][2] Wujudnya yang tidak tembus cahaya dan rasanya yang kaya disebabkan oleh kandungan minyak, bagian terbesarnya adalah lemak jenuh. Santan kelapa adalah bahan makanan yang merakyat di Asia Tenggara, Asia Selatan, Karibia, dan Amerika Selatan.
Santan kelapa dibedakan dari air kelapa oleh kekentalannya dan tampilannya yang menyerupai susu. Tidak seperti air kelapa, yang merupakan air yang dijumpai langsung di dalam buah kelapa,[3] santan kelapa adalah hasil dari pemerasan daging kelapa yang telah diparut.
Santan kelapa dapat dikonsumsi sebagai dirinya sendiri atau sebagai pengganti susu di dalam teh, kopi, dan pemanggangan. Santan kelapa adalah bahan yang lazim digunakan di banyak hidangan tropis dan Asia untuk kari atau perisa, daging, sayur, hiasan, atau penutup. Nasi kelapa adalah beras yang dimasak di dalam santan kelapa yang dikonsumsi di Asia Tenggara dan Karibia. Nasi lemak adalah nasi kelapa versi Malaysia, hidangan serupa adalah nasi uduk di Indonesia. Santan kelapa juga digunakan di seluruh Asia untuk membuat serabi, panekuk khas Asia.Di Brasil, santan kelapa banyak digunakan di kawasan timur-laut, umumnya dengan rebusan hidangan laut dan penutup sedangkan untuk di minum Di Asia Tenggara, santan kelapa digunakan untuk membuat banyak minuman tradisional. Cendol adalah minuman rakyat Asia Tenggara yang biasanya disajikan dengan es, berisi santan kelapa yang didinginkan dan jeli hijau yang terbuat dari tepung beras. Santan kelapa juga digunakan dalam minuman panas, seperti bandrek dan bajigur, dua minuman rakyat dari Indonesia. Susu kental manis dan santan kelapa yang diaduk dengan air adalah minuman kelapa rakyat di Tiongkok Selatan dan Taiwan.
https://id.wikipedia.org/wiki/Santan


KANDUNGAN
kandungan nutrisi dalam santan:
Kalori. Kandungan kalori dalam santan terbilang cukup tinggi, yaitu 120 kalori untuk setiap sendok makan santan. Mengonsumsi 1 sendok makan santan per hari cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.
Lemak. Kandungan lemak santan terdiri dari beberapa jenis, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh ganda, lemak omega 3, lemak omega 6 dan lemak tak jenuh tunggal. Dengan konsumsi yang tepat, lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan serta melumasi sel-sel dan sendi.
Gula. Rasa santan yang sedikit manis disebabkan kandungan sejumlah kecil gula seperti glukosa dan fruktosa, hanya sekitar 1 - 2 persen gula saja. Gula bermanfaat untuk energi bagi tubuh.
Kalsium. Satu cangkir santan kelapa mengandung sekitar 200 IU kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.
Protein. Meskipun kandungan protein dalam santan termasuk rendah, namun kandungan alanin, sistin, arginin dan serene yang mudah dicerna tubuh tetap bermanfaat untuk mempertahankan dan membangun sel-sel baru. Juga bermanfaat untuk rambut, kuku dan kulit.
https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kesehatan/Umum/Kandungan-Nutrisi-Santan-Kelapa


MANFAAT
Kaya zat besi
Menguatkan tulang dan gigi
Memperkuat imunitas
Kaya antioksidan
Kandungan lemak jenuh dan asam
Kesehatan jantung
https://www.rumahmesin.com/manfaat-santan-kelapa-untuk-kesehatan/



MINYAK KELAPA



Minyak kelapa murni (Inggris: virgin coconut oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB.
Penyulingan minyak kelapa seperti di atas berakibat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh tetap utuh. Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.
Minyak kelapa murni, atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO), adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.

Pembuatan minyak kelapa murni ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:
tidak membutuhkan biaya yang mahal, karena bahan baku mudah didapat dengan harga yang murah
pengolahan yang sederhana dan tidak terlalu rumit, serta
penggunaan energi yang minimal, karena tidak menggunakan bahan bakar, sehingga
kandungan kimia dan nutrisinya tetap terjaga terutama asam lemak dalam minyak.
https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_kelapa


Kandungan Gizi

Minyak kelapa
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 862
Jumlah Lemak 100 g
Lemak jenuh 87 g
Lemak tak jenuh ganda 1,8 g
Lemak tak jenuh tunggal 6 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 0 mg
Jumlah Karbohidrat 0 g
Serat pangan 0 g
Gula 0 g
Protein 0 g


Vitamin A
0 IU
Vitamin C
0 mg

Kalsium
0 mg
Zat besi
0 mg

Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0 mg

Vitamin B12
0 µg
Magnesium
0 mg

https://www.google.co.id/search?q=MINYAK+KELAPA&oq=MINYAK+KELAPA&aqs=chrome..69i57j0l5.4385j0j8&sourceid=chrome&ie=UTF-8

MANFAAT
Pelembab kulit kepala dan rambut.
Melegakan dada sesak.
Cegah rambut pecah-pecah.
Melawan eksim.
Menghilangkan pegal dan linu.
Minyak spa.
Pelembab bibir.
Scrub pengangkat sel mati tubuh saat mandi.
https://www.google.co.id/search?q=MANFAAT+MINYAK+KELAPA&oq=MANFAAT+MINYAK+KELAPA&aqs=chrome..69i57j0l5.8901j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food terminologi

UTENSIL AND EQUIPMENT

UTENSIL AND EQUIPMENT